Pages

Wednesday, June 17, 2009

Mau jadi Presiden MP? Ini dia syaratnya...

Sejak Vina memposting soal "Presiden MP", mendadak topik ini mengemuka lagi. Bener seperti apa yang ditulis Vina di postingnya, bahwa mungkin nggak sedikit orang yang ingin juga 'menduduki' jabatan sebagai presiden MP. "Gimana sih caranya jadi presiden MP? Gue juga mau!"

Buat yang mengira bahwa Presiden MP adalah sejenis jabatan kehormatan, mirip ketua kelas atau ketua OSIS atau ketua gank, yang menandakan bahwa pemegangnya adalah seseorang dengan privilese lebih, paling keren dan top di jagad MP ini, kalian baru setengah benar. Fakta setengahnya lagi adalah bahwa untuk mendapat pengakuan masyarakat sebagai presiden MP, ada banyak (banget) hal yang harus kalian lakukan, sebagian besar di antaranya sangat nggak enak, melelahkan, ngga hore maupun funky, dan butuh komitmen besar.

Berminat jadi presiden MP? Silakan nilai diri kalian masing2, apakah mau dan mampu melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Punya stamina dan mobilitas tinggi, sehingga bisa mengikuti proses persiapan sebuah acara yang terkadang saling berjauh-jauhan lokasi. Kuat bergadang beberapa hari tanpa tepar.
  • Punya ketegasan untuk memilah mana pendapat yang benar-benar berasal dari pemikiran mendalam, dan mana yang cuma berasal dari isi perut yang salah jalur keluar.
  • Rela berkorban materi. Mulai dari nombokin dana kegiatan yang suka mepet di detik-detik terakhir, hingga yang kecil-kecil seperti untuk beli pulsa sehingga bisa ber-SMS dan bertelepon dengan seabrek anggota panitia dalam rangka persiapan acara. Sebaliknya, juga punya ketelitian dan transparansi untuk mengelola dana sumbangan pelaksanaan kegiatan yang nggak sedikit jumlahnya.
  • Punya memori kuat untuk menghafal ribuan user di balik user id MP, sehingga dalam event kopdar akbar bisa jadi fasilitator untuk saling memperkenalkan para peserta. Selain itu pengenalan terhadap para anggota MP juga penting untuk pengerahan sumber daya saat pembentukan panitia, agar bisa menerapkan prinsip "the right man on the right place".
  • Punya fleksibilitas untuk dapat diterima oleh berbagai golongan di jagad MP.
  • Punya kesabaran untuk mendengar komplen sebagian peserta kegiatan yang nggak tahu menahu soal persiapannya, tiba-tiba muncul pas hari H dan nyeletuk, "acaranya kok gini doang sih, panitianya nggak profesional banget!".
  • Bersedia mengorbankan waktu dan pikiran untuk mengurus rakyat MP tanpa imbalan apapun, sementara di luar MP pastinya masih banyak hal lain yang juga menuntut untuk diurusin.
  • Punya koneksi luas dengan berbagai pihak, mulai dari media massa, perusahaan sponsor, hingga komunitas lain sehingga bisa mendukung kegiatan besar MP.
  • Mau menyediakan waktu untuk menengahi, minimal memperhatikan, apabila terjadi perselisihan nggak penting antar anggota MP.
  • Mau memperhatikan isi posting para anggota MP, supaya bisa merespon aspirasi para anggota dalam bentuk tindakan nyata. Banyak orang yang senang kalo postingnya dibaca, tapi untuk senang membaca posting orang lain (yang terkadang kurang penting dan kurang menarik) butuh kepedulian tersendiri.
  • Punya kemampuan memotivasi orang lain, karena semua kegiatan MP adalah kegiatan sosial yang tidak mendatangkan keuntungan material apapun bagi para panitianya.

Nggak perlu pemilu-pemiluan, nggak perlu daftar-daftaran, selama tindakan nyata kalian membuktikan bahwa kalian memiliki semua poin-poin di atas, dengan sendirinya kalian akan jadi presiden MP. Yang menentukan apakah kalian pantas untuk disebut "presiden MP" adalah para penghuni jagad MP.

Sanggup?


No comments:

Post a Comment