Pages

Thursday, June 28, 2012

[2012-018] Singkatan Jenius yang Meleset

Dua hari yang lalu, gue berkunjung ke sebuah rumah sakit dalam rangka medical check-up tahunan waktu ngelihat poster ini:
Ini adalah poster kampanye agar para perempuan rajin memeriksa payudaranya sendiri setiap tanggal 8, agar dapat menemukan gejala penyakit sedini mungkin. Sekilas kampanye ini cukup cerdas, karena:
  • Bentuk angka 8-nya udah mengingatkan pada bagian mana yang harus rajin diperiksa
  • Tulisan 'Delapan'-nya bisa dirangkai-rangkai menjadi kepanjangan yang kayaknya cukup iye yaitu "DEteksi berkaLA Payudara ANda"
Tapi apakah benar kepanjangan itu nyambung dengan tema kampanyenya?

Menurut gue agak melenceng, kalo nggak mau dibilang mengarah ke penyalahgunaan.

Permasalahannya terletak pada kata "Deteksi".

Kalo kita buka kamus Bahasa Indonesia, makna deteksi adalah:

men�de�tek�si v menemukan atau menentukan keberadaan atau kenyataan sesuatu; melacak;

Artinya kata yang mengikuti kata 'deteksi' adalah benda yang hendak ditemukan / ditentukan keberadaannya.

Contoh:

Deteksi logam: upaya untuk menemukan keberadaan logam yang tersembunyi di balik benda lainnya.

Deteksi kebohongan: upaya untuk menemukan perkataan yang bohong di antara perkataan lainnya.

Jadi...kalo deteksi payudara, artinya upaya menemukan payudara, dong?

Ini gawat banget, karena bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab demi kesenangan pribadi. Mana tahu terjadi insiden berikut:

"HEH! Apa-apaan lu colek-colek, BANG**T!?"
"Eits, jangan marah sayang, ini kan tanggal 8, biasa... oom lagi mendeteksi..."

Gawat banget, kan?

Gue sarankan kepada pihak penggagas kampanye tersebut untuk segera merevisi singkatannya. Mungkin lebih baik jadi...

GAPAPA SI

GerakAn PeriksA PAyudara SendirI

atau

AH PAPA SI

Aliansi Hobi Periksa Payudara SendirI

Semoga usul ini diterima.

No comments:

Post a Comment