Pages

Tuesday, June 26, 2012

[review] Snow White and the Huntsman


Ngeliat judulnya, bisa ditebak bahwa film ini adalah reka ulang dongeng Snow White. Bedanya, di film ini dunia Snow White jauh lebih gelap, monsternya lebih serem, dan nenek sihirnya lebih sadis. Untunglah yang main si cantik Charlize Theron.

Film dibuka dengan kilasan gambaran masa kecil Snow White sebagai putri raja yang berani dan baik hati. Lalu muncullah Ravenna (Charlize Theron) penyihir licik yang dengan segala tipu daya berhasil merebut tahta kerajaan dan mengurung Snow White di menara. Bertahun-tahun Snow White dikurung sampe dia tumbuh besar. Sebagaimana lazimnya orang yang lama dikurung sendirian, wajar kalo pas udah gede Snow White jadi datar gitu ekspresinya. Maka nggak heran peran ini dipercayakan pada Kristen Stewart yang kedataran ekspresinya udah teruji di rangkaian film Twilight. Coba aja perhatikan perbandingan foto berikut, mana yang ekspresinya lebih jelas?



ekspresi


Sebagaimana pakem aslinya, Ravenna mulai berkonsultasi pada mirror mirror on the wall tentang siapa perempuan yang tercantik. Maklum cermin nggak punya otak, nggak heran kalo nasehatnya ngaco. Cermin bilang, ada satu perempuan yang lebih cantik dari Ravenna yaitu Snow White. Mari kita buktikan langsung nasehat tersebut dengan perbandingan berikut, apa benar Snow White lebih cantik dari Ravenna:



perbandingan


OK confirmed, cerminnya ngaco.

Cermin menyarankan agar Ravenna segera membunuh Snow White, tapi karena satu dan lain hal, Snow White berhasil lolos. Dia lantas ngumpet di sebuah hutan angker, yang saking angkernya kesaktian Ravenna nggak bisa beroperasi di sana. Maka Ravenna mengutus seorang Huntsman (Chris Hemsworth) untuk menangkap Snow White.

Sementara itu, temen masa kecil Snow White yang namanya William (Sam Claflin) sekarang udah jadi pangeran ganteng. Begitu dia denger Snow White ngumpet di hutan, dia langsung ikutan nyari. Trus buntut-buntutnya si Snow White jadi rada dilema gitu deh, dikerumuni 2 orang cowok ganteng.

Waktu pertama kali liat poster film ini, gue udah tertarik nonton. Ekspektasi gue adalah penggambaran dongeng Snow White secara lebih gelap. Ternyata bener. Cuma waktu itu gue agak kuatir dengan pemilihan Kristen Stewart sebagai Snow White. Dan sayangnya itu juga bener. Kayaknya, si penulis cerita mau menampilkan sosok Snow White versi baru yang lebih cekatan, rada tomboy, tapi tetap lembut hati. Sedangkan di tangan Kristen Stewart, Snow Whitenya jadi apatis kaya pegawai kelurahan gitu.
Untunglah ada Charlize Theron. Tokoh Ravenna yang multi dimensi: ya seksi, ya manipulatif, ya sadis, terbawakan secara sempurna. Simak deh adegan dia marah-marah waktu denger Snow White berhasil kabur dari tahanan: sangar mampus!

Kesimpulannya, sebuah upaya interpretasi ulang yang cukup menarik, bisa ngasih nuansa baru atas dongeng yang udah ratusan tahun didengar orang.

No comments:

Post a Comment