Pages

Sunday, July 01, 2012

[2012-021] Memanfaatkan Grup FB untuk Bikin Outing Seru

Tahun ini, gue kembali menjadi seksi acara untuk kegiatan outing di kantor. Itu artinya jabatan sebagai seksi acara ke 11 dalam 13 tahun terakhir, absennya cuma 2 tahun :-p Absennya di tahun 2004, karena waktu itu gue masih jadi anak baru di sebuah kantor pelayaran yang emang nggak punya budaya outing, dan di tahun 2010 karena sekali-sekali ingin ngerasain outing santai sebagai peserta doang.

Tahun ini, tumben-tumbenan anak-anak di kantor kepikir mau outing yang rada keren dikit: ke Bali. Maka gue dengan senang hati mengajukan diri jadi panitia acara.

Di salah satu rapat panitia, ada anak baru bernama Ketut yang mengajukan usul, permainan selama outing dilakukan sejak seminggu sebelum keberangkatan. Caranya adalah dengan bikin grup di FB, dan peserta diberi tantangan berupa pertanyaan atau tugas lewat grup itu. Poin yang didapat lewat menjawab tantangan di grup FB akan diakumulasikan. Jadi pada hari H pelaksanaan outing, masing-masing kelompok peserta udah poin yang beda-beda dan mereka harus bersaing untuk menambah dan mempertahankan poin tersebut.

Gue awalnya skeptis dengan ide itu. Masalahnya, FB nggak bisa diakses dari jaringan kantor karena kena sensor pihak IT. Jadi grup FB itu hanya bisa diakses dari smartphone atau dari komputer rumah. Gue ragu anak-anak sudi untuk segitu repotnya demi permainan outing doang. Ditambah lagi nggak semua orang punya FB. Atau ada juga yang punya, tapi nggak pernah dibuka.

Tapi Ketut yakin banget akan berhasil. Katanya, udah pernah dicoba di kantor yang lama dan jadinya seru banget. Ya sud, gue coba deh.

Pertama-tama seluruh peserta dikumpulin di ruang meeting, trus dibagi jadi 4 kelompok lewat mekanisme undian. Abis itu mereka dikasih tau akan ada grup berisi tantangan berhadiah poin. Pas diumumin, reaksi mereka nampak adem ayem aja, jadi gue pikir, "Bener kan, ide ini nggak akan berhasil..."

Dua hari kemudian, pas hari Minggu, grupnya gue bikin dan gue informasikan via SMS ke seluruh peserta. Abis itu gue mulai posting pertanyaan-pertanyaan singkat, sebagian besar berkaitan dengan Bali. Eh, ada beberapa peserta yang jawab. Gue posting beberapa pertanyaan lagi, ternyata makin banyak yang jawab. Akhirnya gue posting tantangan: "Upload foto kalian dengan menu makan siang hari ini". Taunya banyak peserta yang merespon, bela-belain berfoto di sebelah piring makannya masing-masing!

Besoknya, hari Senin, di kantor gue kirim email ke seluruh peserta berisi perolehan nilai sementara masing-masing kelompok. Peserta yang hari Minggunya kelewat nggak buka FB terkaget-kaget, karena poin kelompoknya ketinggalan. Maka Senin malemnya, pas gue posting tantangan-tantangan baru, yang ikut makin banyak. Padahal tantangannya makin lama makin nyusahin, antara lain:

  • Tengah malam, sekitar jam 2: "Upload foto kalian lagi kerudungan sarung kayak maling!"

  • Pagi-pagi, jam 6: "Upload foto kalian bersama pedagang makanan keliling!"

  • Malem, jam 11: "Upload foto kalian sedang memperagakan jurus yoga bernama cobra (contoh terlampir)!"

  • Siang-siang: "Upload foto kalian sekelompok sedang makan siang bersama OB / Satpam / Petugas Cleaning Service!"

  • Malem, jam 2 pagi: "Upload foto kalian lagi bersama sebatang lilin!"

  • Siang-siang: "Upload foto kalian bersama patung HR Rasuna Said!" FYI, patung itu adanya di depan Pasar Festival, bikin mbak-mbak bagian informasi PasFes kebingungan karena mendadak ada serombongan orang kantoran gantian minta foto bareng patung.

Ternyata walaupun idenya sederhana, bisa bikin iklim kompetisi antar kelompok cukup 'panas', dan yang lebih penting lagi membuka komunikasi di antara orang-orang yang sebelumnya jarang ngobrol. Terima kasih buat Ketut atas idenya. Buat kalian yang kebetulan jadi panitia outing juga, silakan dicoba permainan via grup FB ini, gampang tapi seru!

Foto: para panitia outing tahun ini. Ketut yang paling kiri.

No comments:

Post a Comment